10 Orang Sukses di Indonesia Tanpa Sekolah dan Ijazah

Sebuah gelar sarjana atau profesor mungkin adalah hal wajib yang dimiliki oleh seorang yang ingin sukses dan berpenghasilan besar. Akan tetapi tidak selamanya gelar itu menjamin seseorang itu sukses. Ada beberapa orang yang mampu sukses tanpa memiliki gelar, seperti 10 orang dibawah ini.

 
Adam Malik


Adam Malik - praswck

Siapa yang tidak kenal beliau. Beliau ternyata tidak pernah menyentuh bangku sekolahan.

 

Abdullah Gymnastiar


Abdullah Gymnastiar - praswck

Sukses menjadi kiayi dan wirausahawan tanpa ijazah. Walaupun sudah lulus, tapi ijazahnya belum diambil hingga saat ini.

 

Andrie Wongso


Andrie Wongso - praswck

Sekolah Dasar Tidak Tamat, adalah gelar yang disandangnya saat ini. Masa kecil dan remajanya dilalui dengan membantu orangtuanya.

 

Buya Hamka



Ia adalah seorang ulama, aktivis politik dan penulis Indonesia yang amat terkenal di alam Nusantara. Hamka mendapat pendidikan di Sekolah Dasar Maninjau hingga kelas dua.

 

Hendy Setiono


Hendy Setiono - praswck

Kini bisnisnya, Kebab Baba Rafi berkembang pesat dengan menu makanan utama kebab serta santapan ala koboi (burger serta hotdog).

 

M. H. Ainun Najib

Pendidikan formalnya hanya berakhir di Semester 1 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM). Selebihnya Beliau jadi pengembara ilmu di luar sekolah hingga dia bisa jadi manusia dengan bermacam sebutan (multifungsi).

 

Ajip Rosid


Ajip Rosidi - praswck

Dia menolak ikut ujian karena waktu itu beredar kabar bocornya soal-soal ujian. Tidak jadi ikut ujian, karena ingin membuktikan bisa hidup tanpa ijazah. Dia yang tidak memiliki ijazah SMA , pada usia 29 tahun diangkat sebagai dosen luar biasa Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran. Lalu jadi Direktur Penerbit Dunia Pustaka Jaya, Ketua Ikapi Pusat, Ketua DKJ dan akhirnya pada usia 43 tahun menjadi profesor tamu di Jepang sampai pensiun.

 

Purdi E Chandra


Purdi E Chandra - praswck

Kuliah di 4 jurusan yang berbeda. Hanya saja ia merasa tidak mendapatkan apa-apa dengan pola kuliah yang menurutnya membosankan hingga akhirnya dia nekad meninggalkan kuliahnya. Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Primagama yang didirikannya bahkan masuk ke Museum Rekor Indonesia (MURI)

 

Bob Sadino


Bob Sadino - praswck

Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.

 

Andy F. Noya


Andy S Noya - praswck

Pimpinan redaksi Metro TV ini belum lulus sarjana. sejak kecil dia merasa jatuh cinta pada dunia tulis menulis. Kemampuan menggambar kartun dan karikatur semakin membuatnya memilih dunia tulis menulis sebagai jalan hidupnya.

 

74 Comments + Add Comment

  • Semoga… Bisa Banyak orang sukses seperti mereka…………

    Because di dunia ini……..
    Sukses juga bisa di dapat dari ke-kreatifan seseorang……

    Tidak mesti dari sekolah dan izasah

    • Bener banget.. mereka tuju tempat dimana mereka mau, mereka belajar apa yang mereka suka, mereka lakukan apa yang membuat mereka bahagia, kita perlu mencontoh itu :)

      • Jadi orang sukses adalah orang beruntung kadang nasib-nasiban tanpa sekolah .

    • bener banget tuh..ada yang tau gak gimana caranya…??

  • nambahin: Dahlan Iskan
    Menteri BUMN, CEO Jawa Pos, Eks Dirut PLN.
    Sengaja men-DO-kan diri dari IAIN

    • Thanks Vinzie, ada banyak figure yang bisa kita jadikan sumber inspirasi, mereka bisa, kita juga pasti bisa.. :)

  • trus apa guna nya kulia

  • hidup itu pilihan yang harus dipertanggung jawabkan.
    Jika kita sudah memilih maka yakinlah kita mampu.
    Ijazah dan gelar bukan segalanya,belajar dari pengalamn menjadikan kita menjadi diri sendiri.

  • Be your self !!!Just do it !!! Not comfort don”t do that job !!!

  • Life it’s how we find a comfort soul & spirit !!! Money it”s Not everything,but we need it,use it wisely!!!

  • Jika anda sudah tidak nyaman & tidak bisa mengaktualiasasi & mengembangkan jati diri anda disana maka turuti aja kata hati nuranimu kemana Tuhan akan membawamu,ikuti saja & jalani saja apa adanya dan jangan takut salah atau gagal karena itu semuanya adalah proses pembelajaran & pendewasaan serta pematangan diri,maka setelah itu anda akan tahu dunia itu seperti apa bentuknya dan isinya serta tingkah pola manusia2nya yg baik maupun jahat,disitulah timbul kebijaksanaan untuk memecahkan masalah,walaupun butuh perjuangan dan kesabaran,dan kalau kita merasa yakin kita akan sukses tidak harus dari tempat tersebut maka keluar & melompatlah dari sana walaupun resikonya kita bisa jatuh & mengalami sakit akibat lompatan tersebut,tapi sakit tetap bisa sembuh dan ada saatnya kita pasti bisa bangkit dan lebih maju lagi dari hari kemarin !!!

  • untuk menciptakan dunia yang lebih baik & nyaman dari kemarin !!! Jadikanlah diri anda seperti lampu neon yang berjalan terang dan menerangi semua orang di dunia ini dari kegelapan dan kesusahan serta kesulitan karena tidak melihat kebenaran,lampu neon terdiri dari kutub positif dan negatif baru bisa hidup lampu neonnya!!!Jadi semua sisi positifdan negatif dalam kehidupan itu menjadi pencerapan dan pembelajaran bagi hidup kita agar kita menjadi terang dan selamat !!!

  • Sekolah umumnya hanya mengasah kecerdasan intelektual dan kurang memperhatikan kecerdasan lain yang penting untuk tumbuh menjadi pribadi tangguh. 10 orang tersebut dan masih ribuan yang lain di seluruh dunia membuktikan betapa pentingnya kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan finansial, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual.

  • ktnya tanpa sekolah dan ijazah,knyataannya SMA,kuliah!!ap ga slh itu namany ga skolah?kecuali sperti adam malik,yg tak prnh mnyentuh bngku skolah,itu namany tanpa sekolah,ataupun SD ga tamat! klo sukses yg kyak udh smpai SMA,kuliah itu si ga cuma 10 aj,banyak……,biarpun gak ad ijazah,tpi udh mndpatkan pndidikan kan!!! so,,,, ga ad yg heran kan…!!!!

  • sekolah ttp penting!!pernah denger kan tuntutlah ilmu smpe k liang lahat!!gw nggk sekolah,dan itu penyesalan gw smpe detik ini!!

  • Aku salut dengan kegighan mereka itu yg patu kita contoh

  • bukan tanpa sekolah bro, judulnya direvisi

  • bagus sekali contoh orang2 sukses,semoga bisa menginspirasi warga negara indonesia yang lainya. Mestinya menteri pendidikan merubah kurikulum pendidikan yang pada intinya selalu menerapkan pada sekolah2 untuk selalu berteori bukan menekankan pada praktek2 yang di butuhkan masyarakat. Kalau hal ini di biarkan terus menerus, sampai kapan bangsa indonesia bisa merdeka lahir dan batin.

  • Tulisan ngawur…
    Dicek lagi tuh, coba tengok wikipedia lah yang gampang…
    Andy F Noya kok katanya ga sekolah…
    payah…

  • sekolah lah selagi masih punya kesempatan…
    tantangan di era saat ini butuh sekolah..
    kita liat 30 thun kedepan..
    era pasar bebas sudah semakin banyak saingan…
    belajarlah dari pengalamn, karena dia adalah guru terbaik

  • Aduh, masalah hidup saya juga banyak. Nggak ada yang bisa mengerti, mendukung, ataupun mempermudah penyelesaian masalah saya. Saya sekarang malas sekolah setelah memegang raport kelas X. Ingin ikut kejar paket C sih sebenernya, tetapi tidak ada yang mendukung. Ada yang tau caranya memohon kematian kepada Allah?

  • sekolah tdknya sih itu pilihan hidup yg berat, cm bgmna cara kita utk membawa diri ke arah lebih suskses, sekolah itu memang sangat penting , cuma jgn kita menutup mata klw dluar sana byak orang yg sukses tanpa hrus tamat sekolah tinggi….

  • saya juga termasuk orang yang memberanikan diri untuk berhenti kuliah, semoga dikasih jalan seperti jalan2 obeliau2 yang terlebih dahulu sukses :)

  • kok ga ada yg perempuan ya???

  • kesuksesan itu bukan ilmu pasti…..bisa diraih dengan cara dan metode yang berbeda-beda ,kuliah tidak menjamin orang menjadi sukses tapi sebagai jàlan menuju sukses .GBU

  • Smoga kita jadi orang sukses dan kaya raya semua. Aaamiiin :D

  • semoga bisa sukses seperti mereka

  • Kunci sukses itu adalah sholat 5 waktu ,berdoa,dan bekerja keras…itu saja kuncinya…pasti sukses dunia dan akhirat…

  • Kunci sukses itu adalah sholat,doa dan bekerja keras

  • Wah,…
    ternyata sudah banyak buktinya, berhasil bukan hanya karena sekolah, tetapi karena usaha keras…

  • Hare gene ngandelin kuliah buat sukses? terlalu picik dan naif….sekarang kita liat aja meskipunbanyak sarjana di indonesia toh ketika melamar kerja juga dapet yang gak sesuai ama disiplin ilmu dan bidang yang mereka pelajari selama kuliah….bayangin aja. sarjana ekonomi malah kerja di depkumham, sarjana pendidikan malah kerja di bank bukannya jadi guru. kan gak sesuai. sama aja mereka belajar dari awal lagi. trus titel sarjana yang mereka dapet tuh buat apa kalo dapet pekerjaan yang gak sesuai bidangnya? cuman pra syarat aja?

  • orang yang belajar ilmu kepemimpinan tidak akan menjadi pemimpin tapi orang yang mencoba jadi pemimpin akan jadi pemimpin, orang yang belajar ilmu bisnis tidak akan menjadi pebisnis tapi orang yang mencoba jadi pebisnis maka akan jadi pebisnis,,,,,begitu juga orang yang belajar ilmu hanya mengandalkan dari teori dan tidak Action,,maka tidak akan pernah sukses,,,,,,,salam persahabatan

  • kalo kerja d perusahaan-perusahaan, pasti gelar adalah syarat utama yang mereka butuhkan. untuk mereka yang tidak mempunyai gelar, apakah tidak bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang mereka inginkan? kenyataanya yang tidak mempunyai gelar sarjana belum tentu lebih buruk dari yang bergelar.

  • sangat inspirasi sekali sob.. jujur saja gw saat ini sedang kuliah.. kadang dalam benak ane ,, ane kuliah tidak mendapat apa2..

    ane mau mutuskan untuk tidak kuliah ,, tapi masih bingung

  • Yg pnting harus ad kemauan, usaha & brdo’a
    Sisa.a biarkn yg d ats mnntukn..

  • Patut belajar dari orang-orang ini

  • Ijazah hanya layaknya sebuah SIM. Ilmu bisa didapat dari mana saja.

  • Aku ingin Sukses,Doakan aku ya..

  • ada kok perempuan, menteri perikanan skrg, bu susy ya? dia gag tamat smp

  • semoga kita menjadi orang yang sukses seperti beliau2 ini ya. Amin ………….

  • intinya kalau mau sukses harus ada DUIT : Doa,Usaha,Ihktiar dan Tawakal pakai semboyan ini pasti sukses !!! boleh coba bro sekrang juga…..!!

  • The Absent Game…

    Between me and my husband we have owned far more MP3 players over time than I can count, like Sansas, iRivers, iPods (typical & touch), the Ibiza Rhapsody, etc. But, the last few ages I’ve settled down to one line of gamers….

  • Third Flower…

    My spouse and i are actually now delighted that Albert could perform his studies on account of the thoughts he had via your website. It is once in a while perplexing to just generally be gifting away actions which some individuals might have been provi…

  • The Ships’s Voyages…

    I feel technological innovation just causes it to be even worse. Now there’s a channel to by no means treatment, now there will not be a opportunity for them to discover….

  • The Slave of the Husband…

    Searching for ahead to learning further from you afterward!……

  • Souls in the Waves…

    Good Early morning, I just stopped in to go to your site and imagined I would say I liked myself….

  • Jasa Pembuatan Ijazah
    • Bagi yang ingin selesai cepat tapi mengalami masalah dengan nilai yang bobrok !
    • Ingin mencari kerja tapi terkendala dengan ijazah !
    • Bagi para pejabat yang ingin memiliki kedudukan di legislatif tapi terkendala dengan ijazah !
    Kami PT. Marta Dinata hadir di hadapan anda untuk mengulurkan tangan kepada sodar(i) ku agar cita-cita dan harapan bisa terwujud secepatnya, kami siap membantu anda semaksimal mungkin untuk mendapatkan ijazah dari Universitas dan Perguruan Tinggi yang anda inginkan.
    Ijazah yang kami buat adalah ijzah asli dari Kampus yang sudah Terakreditasi dan diakui oleh DIKTI (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi). Oleh karena itu bagi yang berminat, khususnya yang ingin cepat-cepat mendapatkan pekerjaan silahkan langsung hubungi kami di no : 021-5035 7999 / 0822 9194 0095 atau kunjungi website resmi kami http://www.ptmartadinata.com

  • The Birch of the Shadow…

    I think there could become a several duplicates, but an exceedingly helpful list! I have tweeted this. Lots of thanks for sharing!…

  • Healing’s Dragon…

    to discover troubles to improve my internet site!I suppose its alright to help make utilization of a number of of your concepts!!…

  • opinion about how frequently a business should…

    blog. the real trick is sustainability. blogging every day will be great for getting exposure for your site, but only for as long as you can keep it up. as soon as you run out of topics to post, days go…

  • Souls in the Waves…

    Fantastic Early morning, I just stopped in to go to your site and thought I would say I experienced myself….

  • Thorn of Girl…

    Excellent details may be discovered on this online website….

  • Ҭhanks ffor sharing yor info. I гeally apρreciate your efforts ɑnd I will bе waiting for your next post tҺanks once again.

  • Healing’s Dragon…

    to discover troubles to enhance my web-site!I suppose its alright to create usage of a number of of your respective ideas!!…

  • Hі therе to еvery , for the argue that I
    аm really exquisite οf recitation this webpage’ѕ stake tߋ be updated ߋn a steady foundation.
    It contаins pleasant information.

    My website; rls log

  • ….

    ….

  • Incredible pointѕ. Strait arguments. Кeep up
    thе gгeat endeavour.

    Look аt mү web site

  • Woman of Alien…

    Great operate you might have finished, this site is really neat with fantastic information. Time is God’s technique for preserving anything from going on at the same time….

  • Souls in the Waves…

    Great Early morning, I just stopped in to go to your internet site and imagined I’d say I loved myself….

  • The Slave of the Husband…

    Trying to find forward to researching added from you afterward!……

  • Third Flower…

    My spouse and that i are actually now delighted that Albert could carry out his scientific studies due to the strategies he had as a result of your online page. It is now and again perplexing to just constantly be gifting away techniques which some ind…

  • Thorn of Girl…

    Excellent info might be found on this net blog….

  • The Slave of the Husband…

    Seeking ahead to researching added from you afterward!……

  • Souls in the Waves…

    Very good Morning, I just stopped in to go to your site and considered I’d say I loved myself….

  • Third Flower…

    My wife and that i are now delighted that Albert could carry out his scientific studies as a consequence of the tips he had by means of your online page. It can be on occasion perplexing to simply always be freely giving actions which lots of people mi…

  • Souls in the Waves…

    Fantastic Morning, I just stopped in to go to your internet site and assumed I would say I appreciated myself….

  • Whispering Misty…

    So sorry you will pass up the workshop!…

  • Third Flower…

    My spouse and i are now delighted that Albert could perform his scientific studies as a consequence of the suggestions he had via your website. It is actually every so often perplexing to simply usually be making a gift of techniques which a number of …

  • Whispering Misty…

    So sorry you can expect to pass up the workshop!…

  • The Silent Shard…

    This can possibly be rather useful for some within your job opportunities I decide to you should not only with my blog site but…

  • ….

    ….

  • buying anabolic steroids online legal…

    [...]just beneath, are a lot of absolutely not associated web pages to ours, nevertheless, they are surely worth going over[...]…

  • Healing’s Dragon…

    to search out concerns to enhance my website!I suppose its ok to help make utilization of a number of of the concepts!!…

Leave a comment

 

NICK: PRAS

Young Entrepreneur, Jewelry Graphic Designer, Pecandu Ilmu Psikologi dan Seni Sastra.

Archives

  • 2011

Stats


Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net